Blogroll

Selasa, 20 September 2011

Method POST N GET

kita mengirim data input dari form menuju ke file PHP untuk diproses menggunakan metode post. Selain metode tersebut, terdapat pula metode get. Lantas perbedaannya apa? Kapan kita gunakan metode post atau get? Itulah yang akan dibahas pada bab ini.

Untuk melihat perbedaan post dan get, kita akan sedikit mengubah file HTML form dan file
PHP proses.php sebelumnya.


Perbedaan  kode  HTML  dan  PHP  di  atas  dengan  sebelumnya  adalah  yang  dicetak  merah. Metode  pengiriman  data  input  dari form  menggunakan  get, dan dalam  proses.php  $_POST diganti dengan $_GET.

Apabila aplikasi di atas dijalankan, maka secara sekilas hasil yang tampak sama dengan ketika digunakan metode post. Namun, coba perhatikan URL yang tampak ketika proses.php muncul. Pada URL tersebut terdapat tambahan ?barangpesanan=...&jumlah=... setelah nama file (proses.php). Titik-titik tersebut akan diisi dengan data sesuai dengan yang diinputkan pada form.

Coba bandingkan dengan URL ketika digunakan metode post. Data isian pada form  tidak ditampilkan pada URL. Sehingga inilah perbedaan antara keduanya.

Dengan demikian, hendaknya kita jangan menggunakan metode get ketika akan memproses data input melalui form. Bayangkan seandainya form tersebut digunakan untuk login atau untuk keperluan yang menyangkut privasi. Apabila Anda gunakan metode get, maka semua input data




akan ditampilkan pada URL. Bisa-bisa password Anda akan kelihatan di URL (jika terdapat input password ketika login).


0 komentar:

Posting Komentar